Produk Kosmetik Berbahan Zat Kimia Sintetik, Apakah Sehat?

Ditulis oleh : Ziyad Muhammad Imani (Mahasiswa, Fakultas Sekolah Bisnis IPB University)

Industri kosmetik saat ini sudah berkembang dengan sangat pesat. Bahkan di Indonesia sendiri, berbagai macam merek dan brand kosmetik dan produk perawatan kulit sudah muncul dengan berbagai harga dan varian. Setiap merek juga menawarkan berbagai khasiat dan manfaat yang bisa diperoleh dalam waktu singkat. Namun dibalik semua iklan dan review yang terlalu indah itu, sadarkah kamu bahwa kebanyakan produk kosmetika saat ini dibuat dengan tambahan bahan kimia sintetik.

Singkatnya, Bahan kimia sintetik dalam kosmetik adalah senyawa atau zat-zat yang dibuat secara buatan dalam laboratorium atau pabrik. Mereka tidak berasal dari alam atau organisme hidup, melainkan disintesis melalui berbagai proses kimia. Bahan kimia ini dapat digunakan untuk berbagai keperluan seperti memberi warna, aroma, tekstur tertentu dan lain lain. 

Walaupun sudah umum digunakan dalam industri kosmetik, namun tidak semua bahan kimia sintetik tersebut aman untuk diaplikasikan pada kulit kita dalam jangka waktu lama. Beberapa risiko yang mungkin muncul dari bahan kimia sintetik dalam produk kosmetik adalah, Jika dipakai terlalu banyak dan sering, dapat menyebabkan iritasi pada kulit, Tidak ramah microbiome kulit karena ada yang bersifat antimikroba spektrum luas, yang artinya tidak dapat membedakan mikroba yang merugikan dan yang bermanfaat, Penggunaan jangka panjang atau dalam dosis tertentu dapat menimbulkan beberapa jenis penyakit berat, seperti kanker. Kemudian ada bahan sintetis yang berpengaruh pada hormon, sehingga hormon tersebut tidak stabil, serta tidak cocok digunakan untuk kulit sensitif.

Nah setelah mengetahui fakta diatas, ternyata produk kosmetik berbahan kimia sintetis memiliki manfaat dan risiko yang bisa berdampak pada kulit kamu. Tidak dapat dipungkiri, bahan alami dan sintetis memang sama-sama dibutuhkan untuk keberhasilan perawatan kulit itu sendiri. Mulai sekarang, kamu harus lebih memperhatikan bahan-bahan yang ada di skincare kamu supaya tahu apakah ada kandungan bahan apa saja yang cocok atau tidak cocok dengan keadaan kulit kamu.

Supaya kamu tidak perlu khawatir, kamu bisa mulai coba produk kosmetik berbahan dasar organik dan alami yang diproduksi oleh Nectars! Didalamnya penuh dengan bahan – bahan alami penuh manfaat dan tanpa efek samping, semua kalangan bisa menggunakan produk kami, mulai dari ibu hamil hingga anak – anak! Yuk segera check out dengan menghubungi admin kami disini, wa.me/6285710737553.

Referensi : https://nusantics.com/blog/ketahui-5-manfaat-dan-5-risiko-bahan-sintetis-dalam-produk-skincare

1 komentar untuk “Produk Kosmetik Berbahan Zat Kimia Sintetik, Apakah Sehat?”

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Scroll to Top